BPJS JEMPUT BOLA DENGAN MOBILE CUSTOMER SERVICE

BPJSSamarinda, Jamkesnews – Upaya menyebarluaskan informasi tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus dilakukan Kantor Cabang Samarinda BPJS Kesehatan dengan “jemput bola” ke masyarakat Kota Samarinda menggunakan kendaraan khusus Mobile Customer Service. Mobile Customer Service adalah sarana pelayanan bergerak yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada para peserta JKN-KIS maupun masyarakat, khususnya di tengah-tengah keramaian publik seperti car free day, olah raga Minggu pagi, kantor kecamatan, dan lain-lain.

“Dengan kegiatan MCS ini, peserta JKN-KIS maupun masyarakat umum lainnya bisa mendapatkan layanan pemberian informasi tentang program JKN-KIS, pendaftaran peserta, melakukan perubahan data peserta, mengecek status iuran peserta, sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan layanan yang pada akhirnya diharapkan masyarakat semakin paham dan peduli dengan program JKN-KIS,” tutur Kepala Cabang Samarinda BPJS Kesehatan Nurifansyah, Rabu (11/04).

Layanan Mobile Customer Service dilaksanakan di sepuluh kantor kecamatan, selama satu pekan melayanani dua kecamatan yaitu pada hari Senin dan Kamis, sedangkan setiap akhir pekan dilaksanakan di Komplek Stadion Sempaja Kota Samarinda. Dipilihnya Komplek Stadion Sempaja karena setiap akhir pekan lokasi ini dibanjiri warga Kota Samarinda. Selain sebagai sarana olah raga, lokasi tersebut juga menghadirkan wisata kuliner. Peluang ini pun lantas dimanfaatkan oleh Kantor Cabang Samarinda BPJS Kesehatan dengan menurunkan Mobile Customer Service (MCS) yang akan memberikan layanan informasi Program JKN-KIS, layanan administrasi, layanan pendaftaran khusus segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan layanan download aplikasi Mobile JKN.

Selain Mobile Customer Service juga terdapat beberapa channel pendaftaran yang dapat diakses masyarakat tanpa harus ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan, di antaranya BPJS Kesehatan Care Center 1500400, website BPJS Kesehatan (www.bpjs-kesehatan.go.id), dropbox di kantor keluaran di wilayah Kota Samarinda, Aplikasi Mobile JKN. Melalui kegiatan Mobile Customer Service diharapkan masyarakat dapat lebih peduli untuk memiliki JKN-KIS.

“Dengan makin banyak alternatif kanal pendaftaran tersebut, masyarakat yang belum jadi peserta JKN-KIS bisa mendaftar dengan lebih mudah. Pokoknya tidak harus di Kantor Cabang ya, banyak pilihannya, silakan dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda,” kata Nurifansyah sambil tersenyum. (SP/ej)