Dialog Lintas Agama, Sarana Menjaga Kerukunan Antar Umat

DialogPlt Bupati Edi Damansyah menyampaikan apresiasinya kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kutai Kartanegara (Kukar) yang telah melakukan pembinaan umat di daerah ini.

Hal itu disampaikannya usai membuka dialog lintas agama bertemakan Dialog Membingkai Kerukunan NKRI di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Rabu (18/04) lalu.

“Kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih, agenda dialog Forum Kerukunan Umat Beragama di Kukar selalu dilakukan dengan baik,” ujarnya.

Dengan adanya dialog ini, kata Edi, kondisi Kukar terutama kehidupan sosial bermasyarakat, toleransi dan kerukunan umat beragama bisa terjaga.

“Sangat penting forum dialog ini untuk terus kita mendapatkan masukan-masukan dari tokoh-tokoh agama,” ucapnya.

Selaku Kepala Daerah, Edi juga mengingatkan resentensi yang berkaitan dengan pembangunan rumah ibadah agar tidak terjadi salah paham di masyarakat, karena kebebasan memeluk agama dijamin oleh Undang-undang.

“Pemerintah memberikan jaminan tetapi ada persyaratannya, itu disampaikan melalui pimpinan tokoh agama. Jangan sampai ada persepsi bahwa pemerintah tidak menjamin terhadap hak-hak masyarakat,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kukar H Fahmi, menyampaikan, dialog tersebut bertujuan untuk menghasilkan beberapa kesepakatan.

“Nanti kita buat rekomendasi yang dtujukan kepada Pemkab dan kepolisian, apa yang disuarakan kawan-kawan lintas agama, tokoh-tokoh agama itu bisa diakomodir,” harapnya.

Fahmi yang juga menjadi nara sumber menambahkan, dialog lintas agama ini memang rutin dilaksanakan setiap tahun, meski dengan dana yang terbatas.

“Idealnya setiap bulan tokoh-tokoh agama itu harus ketemu di FKUB, dalam rangka untuk menganalisa keadaan yang ada di Kukar ini lalu memberikan masukan-masukan kepada pemerintah,” bebernya.

Selaku Kakan Kemenag, Fahmi berharap pertemuan ini semakin memperkokoh kerukunan umat beragama.

“Masing-masing agama punya caranya masing-masing, dengan pendekatan agama ini kita mengharapkan Indonesia khususnya Kukar semakin damai,” harapnya.

Selain Kakan Kemenag, turut menjadi nara sumber, Ketua DPRD Salehuddin, Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, Kabid Ideologi dan Wasbang Kesbangpol Kukar Zulkipli, Ketua MUI H Aminuddin Edy dan unsur FKUB yang diwakili H Murtaji Ilyas. (end)

http://www.kutaikartanegaranews.com/…/dialog-lintas-agama-s…