Hari Kartini Mendorong Kemandirian Ibu Ibu di Pedesaan

kartiniMaslianawati Edi Damansyah, Dengan Semangat Hari Kartini Mendorong Kemandirian Ibu Ibu di Pedesaan.

Dengan semangat Hari KARTINI, Desa Giri Agung kecamatan sebulu, menggelar berbagai kegiatan yang melibatkan desa sekitaranya. Diantaranya lomba Merangkai Tumpeng dan Paduan Suara yang pesertanya berasal dari 4 desa sekitar, yakni Desa Giri Agung, Desa Sumber Sari, Desa Manunggal Jaya dan Desa Mekar Jaya. Selain lomba tersebut, di gelar juga Bazar hasil dari usaha Peningkatan Penghasilan Keluarga UP2K PKK di masing masing desa.
Kehadiran ibu Maslianawati Edi Damansyah yang juga sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten adalah sekaligus melakukan pembinaan dan terus mendorong kemandirian perempuan agar mampu mendukung peningkatan pendapatan keluarga. Menekankan agar perempuan menjadi lebih mandiri, tidak melulu bergantung dengan laki-laki, punya penghasilan sendiri atau minimal bisa membantu ekonomi keluarga.

Melalui UP2K PKK di masing Desa ibu-ibu diajak untuk menekuni usaha rumahan. Seperti jajanan khas daerah atau kerajinan tangan.
Sejauh ini, PKK dan pemerintah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait telah mensinergikan program. Dengan demikian, pelaku UMKM tak perlu khawatir dalam memasarkan produk.

Lomba dalam rangka memperingati hari kartini menghasilkan juara di masing masing kategori sebagai berikut, Merangkai Nasi Tumpeng keluar sebagai pemenang :
1. Desa Giri Agung
2. Desa Manunggal Daya
3. Desa Sumber Sari
4. Desa Mekar Jaya

Paduan Suara keluar sebagai Juara
1. Desa Mekara Jaya
2. Desa Manunggal Daya
3. Desa Giri Agung
4. Desa Sumber Sari. .