Tak Ada Kegiatan Baru di APBD-P 2017 , Dana Transfer Belum Jelas

apbdbTenggarong – DPRD Kukar menyatakan sikap tidak menyetujui kegiatan baru pada pembahasann APBD Perubahan 2017. Selain tak ada penambahan anggaran yang signifikan dari pemerintah pusat, sedikitnya waktu yang tersisa hingga akhir tahun dikhawatirkan membuat anggaran tak terserap dengan baik. Apalagi, belum ada kepastian penggiriman dana transfer triwulan IV untuk Pemkab Kukar.

            Itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kukar Supriyadi kepada Kaltim Post kemarin (9/10). DPRD pun, kata Supriyadi, mengharapkan pemkab tidak lagi mengajukan judul kegiatan baru pada APBD Perubahan. Ini agar penyerapan anggaran disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa maksimal. Tak ada dana sisa lebih penggunaan anggaran (silpa). Bahkan, untuk proyek multiyears sulit mendapat jatah APBD-P 2017 ini.

“Kami berharap, tidak ada lagi pengajuan judul kegiatan baru. Sebab, dananya memang tidak ada. Kalau dipaksakan,malah jadi masalah atau utang nantinya. Termasuk pembahasan multiyear juga sulit dianggarkan,”terang Supriyadi. Kondisi ini, menurutnya, diperparah dengan tidak adanya kepastian pengiriman dana transfer untuk triwulan IV. Jadi, dana transfer triwulan III yang dikirim September lalu, dipastikan hanya cukup untuk belanja wajib. Seperti gaji pegawai serta keperluan operasional rutin di setiap OPD. Sebelumnya, keinginan DPRD membahas realisasi dana transfer tersebut gagal setelah pertemuan dengan Dirjen Pertimbangan Keuangan Kemenkeu gagal digelar, Jumat (6/10). Belum diketahui penyebab batalnya pertemuan. “Ini juga yang menjadi persoalana. Sebab, dana transfer untuk triwulan IV ini tidak pasti dikirim. Jadi, kami juga tidak berani mengajukan judul kegiatan baru. Belajar dari pengalaman pada tahun sebelumnya yang justru menjadi utang Pemkab,”tambahnya.

Belum jelasnya transfer dana triwulan IV, disinyalir menghambat pengesahan APBD-P. sementara itu, DPRD dan pemkab memilih mengasumsikan dana transfer triwulan IV tidak bisa dikirim hingga akhir tahun. Jadi pembahasan APBD-P terus dikebut.”Rencananya, pekan ini akana dilakukan paripurna penyampaian nota keuangan dari Pemkab Kukar. Kita terus kebut,kok, pembahsannya agar bisa segera disahkan,”tutupnya. (ql/waz/waz/k11). Sumber: Kaltim Post.