Jalan Sebelimbingan Ditangani PU

Foto Ilustrasi Jalan Putus di Kecamatan Kembang Janggut

Foto Ilustrasi Jalan Putus di Kecamatan Kembang Janggut

TENGGARONG, TRIBUNPlt Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan akses Jalan  Sebelimbingan, Kecamatan Kota Bangun yang rusak parah sudah ditangani Dinas Pekerjaan Umum (PU) melalui UPT Dinas PU Kota Bangun. Ini menjadi kegiatan jangka pendek sembari persiapan untuk pekerjaan peningkatan jalan di 2018.

“Ada memang langkah kita jangka pendek ini untuk memperbaiki Jalan Sebelimbingan dengan persiapan peningkatan (jalan) ke depan, yakni 2018,”kata Edi.

Terkait usulan menggunakan dana tanggap darurat, Edi mengemukakan, hal ini lagi dibahas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kukar.”Ini (dana tanggap Darurat) lagi dibahas apakah kondisi Jalan Sebelimbingan masuk kriteria itu,”ujarnya.

Edi sudah menghubungi Plt Kepala Dinas PU Kukar untuk mengerjakan perbaikan jalan dalam jangka pendek. “Rencananya, ada kegiatan di UPT PU Kota Bangun yang diarahkan focus untuk perbaikan Jalan Sebelimbingan,”tuturnya.

Ia tak memungkiri kerusakan jalan Sbelimbingan yang menjadi satu – satunya akses jalan menu kecamatan Tabang, Kembang janggut, Kenohan dan Kota Bngun, dapat memicu kenaikan harga di wilayah hulu Mahakam karena proses pendistribusian barang akan menjadi terhambat.

Seperti diketahui, Jalan Sebelimbingan kian parah karena hujan terus menggerus badan jalan hingga rusak dan berlumur sampai 300 meter. Beberapa mobil dan motor terjebak dalam lumpur. Beberapa warga sekitar membantu pengendara yang terjebak mogok di kubangan lumpur.

“saya lihat antrean kendaraan begitu panjang di Jalan Sebelimbangan, banyak yang mogok. Warga yang pakai motor sembari boncengan terpaksa harus turun dari kendaraan,”ujar Agus, warga Tuana Tuha.

Dia berharap Pemkab Kukar segera memperbaiki Jalan Sebelimbingan yang menjadi akses utama warga. Ia mengaku cemas jika akses jalan Sebelimbingan tidak segera diperbaiki karena harga barang di kawsaan hulu mulai melonjak akibat distribusi barang tersendat.(top) Sumber : Tribun Kaltim