PT Telkom Sosialisasikan Program Kemitraan Dengan Komunitas UKM-IKM dan Pelaku Budaya di Kukar

telkomTenggarong, Guna mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kukar, PT Telkom akan menggulirkan dana dengan mensosialisasikan program kemitraan CDC (Corporate Development Center).

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Daerah Telkom (Kakandatel) Tenggarong, Slamet Pramono, dalam pertemuan dengan komunitas UKM, IKM, dan pelaku budaya, di Ballroom Hotel Grand Elty Singgasana, Selasa (02/01).

Slamet menjelaskan, CDC adalah unit yang mengelola, mengembangkan, dan melakukan pembinaan terhadap UMKM serta memberikan bantuan hibah kepada masyarakat melalui program bina lingkungan.

“Yang ditawarkan PT Telkom kepada pelaku UKM adalah pinjaman bergulir dan itu hanya dikenakan biaya administrasi. Dengan cara ini pelaku UKM di Kukar diharapkan bisa bertumbuh dan berkembang,” kata Slamet.

Dihadapan komunitas UKM-IKM dari beberapa kecamatan seperti Tenggarong, Kota Bangun dan Muara Badak, Slamet mengungkapkan, maksud dan tujuan program kemitraan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN.

“Pemberian bantuan pinjaman modal kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah meliputi sektor-sektor usaha perdagangan, industri, pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, jasa dan lainnya,” bebernya.

Slamet juga menjelaskan mengenai cara penyampaian permohonan pinjaman dimana calon mitra binaan harus terlebih dahulu menyampaikan proposal.

“Setelah itu akan melalui seleksi administrasi, survey, analisis rekomendasi pinjaman, penetapan putusan, penandatanganan SP3K dan penyerahan agunan, lalu penyaluran dana pinjaman,” terang Slamet.

Ditambahkannya, hingga Triwulan IV tahun 2017, penyaluran program kemitraan wilayah Telkom Samarinda yaitu sebanyak 46 mitra binaan dengan dana yang digulirkan sebesar Rp 1,6 mililar.

Selain komunitas UKM-IKM, pertemuan yang dipandu Kepala Bidang Informasi Publik, Diskominfo Kukar, Ahmad Rianto ini, juga dihadiri President Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Kukar, Hariyanto. (end)