Masakan Khas Bukan Sekedar Kuliner Namun Peradaban Kebudayaan

Muara Kaman Juarai Makanan Khas Kutai

NEWSKUKAR – Kecamatan Muara Kaman berhasil menjuarai lomba masakan dan kue tradisional khas kutai yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Kutai Kartanegara dengan tema “Mari Kita Lestarikan dan Promosikan Makanan Serta Kue Khas Kutai”, berlangsung di Pendopo Wakil Kukar, Senin (20/1), kemarin.
Untuk juara  II Kecamatan Muara Muntai, juara III Diskominfo, IV Kecamatan Sebulu, V Dinas Bina Marga, VI Bappeda dan Favorit Sekkab Kukar. Sedangkan untuk kue khas  Kutai di juarai oleh PDAM, juara II Dinas Pertanian, III Kecamatan Loa Kulu, IV Diskominfo, V Dinas Perikanan, VI Disperindakop, dan juara favorit disabet oleh Kecamatan Muara Wis.
Ketua panitia Nurul Huda Marli dalam laporannya mengatakan kegiatan lomba masakan dan kue tradisional khas kutai, untuk meningkatkan rasa cinta pada masakan dan kue khas daerah sendiri dan juga menjalin tali silahturahmi antar anggota DWP dan terus mempromosikan masakan dan kue khas kutai agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat di Kukar maupun diluar kukar.
Untuk penilaian lomba  dilakukan oleh dewan juri  dari PKK Hj Dayang Safiah Alwi, Hj Zaidah Isnaini, Dinas Kesehatan Sai’in, Hotel Grand Elty Alfiq Sofyan dan Aji Suti Syachrah pakar makanan dan kue tradisional khas kutai.
Sementara itu dalam sambutan Bupati Kukar Rita Widyasari yang disampaikan Wakil Bupati Kutai Kartanegara HM Ghufron Yusuf, mengatakan menu kuliner bukan hanya sekedar sebuah masakan tapi lebih dari bagian peradaban dan kebudayaan.
“Untuk itu mari kita bersama melestarikan kekayaan kuliner yang kita miliki karena seiring dengan modernisasi dan perkembangan teknologi, berbagai macam menu tercipta dari kreativitas manusia, hingga menu khas daerah sendiri bisa tersingkir”, ajaknya.
Lebih lanjut katanya kuliner asli Kutai Kartanegara tidak kalah lezatnya dengan menu – menu mancanegara, bahkan menu lokal cenderung lebih alamiah dengan memanfaatkan hasil budidaya lokal untuk dikomsumsi maka dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.
Turut hadir dalam acara tersebut pembina DWP Kabupaten Kutai Kartanegara Hj Asih Qurnia Ghufron, Ketua DWP Kabupaten Kutai Kartanegara Hj Hernawati Bahrul dan Ibu – ibu  Camat Kabupaten Kukar serta anggota DWP Kukar.(hmp10)
//////////////////////////////////////////////////////////