PN Tenggarong Gedung Terbaik ke Tiga se-Indonesia

PERESMIAN 39 GEDUNG PENGADILAN SE-INDONESIA DI KUKAR

NEWSKUKAR, Ketua Mahkamah Agung, Dr HM Hatta Ali SH,MH mengatakan bahwa Pengadilan Negeri (PN) Tenggaring merupakah salah satu dari tiga bangunan Pengadilan yang memiliki infrasturktur fisik yang terbaik se-Indonesia. Hal ini disampaikannya saat meresmikian PN Tenggarong beserta 38 Pengadilan lain se-Indonesia, Rabu 22-5-2013 siang di halaman PN Tenggarong Kukar.

Ditambahkannya bahwa ke 39 gedung pengadilan seluruh Indonesia termasuk PN Tenggarong yang diresmikan hari ini, pelaksanaan pembangunanya dianggarkan melalui dana APBN senilai Rp 273,5 Miliar.

Ketua MA Hatta Ali menyatakan, pemilihan PN Tengarong sebagai tempat peresmian secara simbolik ini bukan tanpa alasan, sebab dulunya Pengadilan Negeri Tenggarong merupakan salah satu pengadilan yang infrastruktur fisiknya tidak memadai.

“Kini PN Tenggarong merupakan salah satu pengadilan dengan infrastruktur fisik terbaik di Indoensia. Biaya pembangunan di PN Tenggarong ini mencapai Rp 10,7 miliar. Belum lagi mendapatkan hibah dari Pemkab Kukar berupa meubeler. Pembangunan gedung PN Tengagrong merupakan terbesar ketiga dibandingkan 38 pengadilan lainnya,” ungkap Hatta Ali.

Hatta Ali menambahkan, meski pengadilan memiliki gedung yang sangat bagus, namun itu saja tidak cukup, gedung bagus perlu jiwa dan semangat kerja yang bagus pula.

Dikatakan Hatta Ali, bahwa melalui Peraturan Pemerintah Nomor 94/2012, kesejahteraan hakim sudah jauh lebih baik dan untuk non hakim sedang dalam proses penyesuaian.

“Sungguh tidak layak apabila masih ada diantara warga pengadilan yang terus menerus gagal memahami pengorbanan negara dan terus melakukan perbuatan tidak terpuji seolah olah hal tersebut lumrah belaka” ujarnya.

Menurut Hatta, gedung yang megah hendaknya tidak membuat pengadilan lupa dan abai terhadap hak hak masyarakat pencari keadilan yang tinggal didaerah terpencil, dan jauh dari lokasi gedung gedung tersebut.

“Peresmian gedung gedung baru itu menjadi momen untuk menetapkan wajah baru pengadilan. Pengadilan yang lebih ramah, sigap dan tidak berpihak dalam melayani para pencari keadilan.” harapnya.

Pada peresmian itu dihadiri sekitar 400 undangan, baik dari kepala pengadilan tinggi (PT) seluruhy indoensia, perwakilan dari kementerian Hukum dan HAM RI serta Kepala Oditur Militer. Turut hadir Gubernur Kaltim H Awang faroek Ishak, Bupati Rita Widyasari serta para kepala dinas yang tergabung dalam Forum Koordinasi pimpinan daerah dan kepala astuan kerha perangangkat daerah, serta Sultan Salehudin II. *sfa