Rakor Persiapan dan Pemantapan MTQ ke 36 Tingkat Kab.Kukar

Ketua Harian LPTQ Kukar Haji Bahrul saat memimpin Rakor Persiapan MTQ ke 36 Tingkat Kabupaten Kukar di Kecamatan Kembang Janggut.

NEWSKUKAR – Ketua Harian LPTQ Kabupaten Kukar Haji Bahrul, Sabtu ( 30/11 ) memimpin rapat persiapan dan pemantapan kegiatan MTQ ke 36 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara yang berlangsung di BPU Kecamatan Kembang Janggut. Kegiatan MTQ ini sendiri menurut rencana akan dilaksanakan pada bulan Pebruari 2014 mendatang.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kukar Haji Sulaiman, Camat Kembang Janggut HM Zulkifli, Badan Pengawas LPTQ, Anggota DPRD Kukar Guntur yang merupakan zona pemilihan Kembang Janggut, tokoh agama, masyarakat, para pengusaha dan dinas instansi terkait lainnya.

Menurut Haji Bahrul sesuai dengan tupoksi LPTQ pihaknya selalu melakukan pembinaan terhadap anak bangsa, mencetak qori – qoriah baik tingkat Nasional, Propinsi, Kabupaten atau kecamatan sekaligus menyelenggarakan STQ secara berjenjang. LPTQ juga bertugas bagaimana memotivasi dan mendorong masyarakat dan semua stakeholder untuk berperan dan berpartisipasi meramaikan, menyemarakan dan mensukseskan kegiatan MTQ guna mensiarkan agama Islam. Dalam pelaksanaan MTQ ada 3 tujuan yang ingin dicapai, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses partisipasi masyarakat dan ekonomi kerakyatan, serta sukses prestasi dari kita, oleh kita dan untuk kita.

“Ada sekitar 1200 kapilah yang merupakan tamu Allah kedua setelah Mekkah yang akan ikut meramaikan MTQ ke 36 di Kecamatan Kembang Janggut, dan ini wajib hukumnya dilayani dengan baik, sebab mereka terdiri dari penghafal Al-Quran baik 5 juzz, 10 juzz dan 30 juzz,” jelas Haji Bahrul.
Melalui rapat persiapan ini ia berharap pihak panitia yang terlibat untuk segera mempersiapkan sesuatunya dan saling melakukan koordinasi sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar , lebih meriah dan lebih sukses dari kegiatan MTQ yang telah lalu, apa lagi MTQ ini merupakan yang pertama bagi Kecamatan Kembang Janggut sebagai tuan rumah penyelenggara MTQ Tingkat Kabupaten.

Sementara itu, menurut Camat Kembang Janggut HM.Zulkifli, mengucapkan terima kasih dan penghargaan dimana telah diberikan kepada pihak kecamatan sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan ini. Dan saat ini pihaknya sudah melaksanakan berbagai persiapan baik masalah pemondokan, arena kegiatan dan sarana pendukung lainnya. Ada 8 titik yang dijadikan tempat penyelenggaraan MTQ diantanya Gedung SMAN 1, Gedung BPU, SDN 01 dan SMPN 1 Kembang Janggut. Sedangkan untuk arena utama MTQ dipusatkan di lapangan sepakbola Kembang Janggut dekat Kantor Camat yang lama. Dan dalam mengantisipasi 1200 kapilah pihaknya telah menyiapkan 24 ( dua puluh empat ) rumah penduduk yang telah diverifikasi untuk dijadikan tim pemondokan dari 18 kecamatan se-Kukar. Untuk itu, ia berharap dukungan dari semua pihak agar kegiatan MTQ ini dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan bersama. Keesokan harinya Ketua LPTQ Kukar Haji Bahrul di dampingi Camat Kembang Janggut serta badan pengawas melakukan peninjauan ke lokasi arena MTQ, PDAM serta sarana penunjang kegiatan lainnya. ( hmp 04 )