Wabub Pimpin Upacara HUT Pramuka ke-52 di Muara Badak

Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf saat memimpin upacara memperiangati HUT Pramuka ke-52 di halaman kantor Camat Muara Badak, Rabu (14/8)

Ghufron berharap Kwartir Cabang terus lakukan pembinaan terbaik
NEWSKUKAR – Terik matahari begitu menyengat, kendati demikian sedikitpun tidak menyurutkan semangat para kakak-kakak dan adik-adik Gerakan Pramuka untuk mengikuti perayaan hari puncak peringatan HUT Pramuka ke-52 tahun 2013 yang berlangsung khidmad di halaman Kantor Camat Muara Badak, Rabu (14/8) pagi.
Sebagai Komendan Upacara dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf, dihadapan ratusan para peserta upacara dan undangan seperti para SKPD, Pengurus Gerakan Pramuka Kukar, Muspikab, Kades se-kecamatan Muara Badak, tokoh pemuda dan undangan lainnya, menyampaikan amanat Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono (SBY).
Usai membacakan sambutan tersebut, Ghufron Yusuf mengucapkan “Salam Pramuka”, dia mengatakan bahwa Pemkab Kukar merasa bangga dan memberikan apresiasi terhadap seluruh jajaran kepramukaan di Kabupaten Kutai Kartanegara yang telah berjalan sukses.
“Saya mengucapkan selamat HUT Pramuka ke-52? dan sebenarnya kegiatan upacara ini dilaksanakan di Cibubur Jakarta. Namun di Kukar tetap kita meriahkan dengan berbagai kegiatan salah satunya upacara pramuka,” katanya.
Dia juga mengajak kepada seluruh jajaran pengurus pramuka yang ada di Kukar, akan terus memberikan pembinaan terbaik, sebagaimana yang diamnatkan Presiden RI dalam membantuk watak dan karekter mental disiplin. “Inilah yang kita harapkan kedepannya, semua petunjuk telah dilaksanakan di Kukar, mulai dari kegiatan perkemahan, “Dan perkemahan kepramukaan ini merupakan yang pertama dilaksanakan secara nasional oleh Kwartir Cabang Kukar, semoga bisa diikuti oleh kabupaten/kota lainnya di Kaltim,” ujarnya.
Sementara itu juga lanjut Ghufron sebagaimana yang dipesankan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar bahwa dirinya mengajak kakak-kakak anggota dewasa gerakan pramuka untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan dalam membentuk karekter kaum muda Indonesia.
Oleh sebab itu katanya, ini merupakan kewajiban kita bersama dalam menyelenggarakan pendidikan untuk kaum muda, tidak hanya menekankan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi seyogyanya pula menekankan pentingnya pembentukan watak dan kepribadian. Ujarnya.

Setelah upacara usai, dilanjutkan dengan penyerahan penganugerahan Pancawarsa bagi pengurus pramuka yang sudah berjasa, dan penyerahan dokumen lahan bumi perkemahan yang diterima masing-masing kecamatan.
Dilanjutkan dengan menyaksikan beragam atraksi ketangkasan pramuka, mulai dari permainan atraksi memadamkan api, hingga melakukan atraksi berbahaya dengan meloncati lingkaran api serta atraksi lainnya. Kemudian ilanjutkan dengan peninjauan bumi perkemahan yang juga dilakukan penandatanganan parasasti peresmian bumi perkemahan di Muara Badak dengan luas 5 haktare, dan diakhiri dengan penanaman pohon secara simbolis di areal bumi perkemahan. (hmp4)
///////////////////////////////////////////////////////////////////////